Nama
Sekolah
: SMA N 1 wanayasa
Mata
Pelajaran
: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
: X / 1
Pertemuan
: 1 kali pertemuan
Alokasi Waktu
: 2 X 45 menit
Standar
Kompetensi
1.
Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana
dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi
Dasar
1.3.
Mempraktikkan keterampilan keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan
yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan
percaya diri**).
Indikator
1.
Melakukan teknik dasar lompat jauh (awalan, tumpuan, melayang di udara dan
mendarat) dengan koordinasi yang baik.
2.
Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh (awalan, tumpuan,
melayang di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik.
3.
Perlombaan atletik lompat jauh dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi
untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai disiplin, semangat, sportivitas,
percaya diri dan kejujuran.
A. Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat melakukan teknik dasar lompat jauh (awalan, tumpuan, melayang di
udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik.
2.
Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh (awalan,
tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik.
3.
Siswa dapat melakukan perlombaan lompat jauh dengan menggunakan peraturan yang
dimodifikasi.
B.
Materi Pembelajaran
Atletik (Lompat jauh)
1.
Teknik dasar lompat jauh (awalan, tumpuan, melayang di udara dan mendarat)
dengan koordinasi yang baik.
2.
Variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh (awalan, tumpuan, melayang di
udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik.
3.
Perlombaan lompat jauh dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.
C. Metode Pembelajaran
1.
Demontrasi
2. Inclusive (cakupan)
3. Bagian dan
keseluruhan (Part and whole)
4.
Permainan (game)
5.
Saling menilai sesama teman (Resiprocal)
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
1. Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
·
Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan
pembelajaran.
· Pemanasan secara umum
·
Berlari mengelilingi lapangan sepakbola atau sejenisnya
·
Pemanasan khusus lompat jauh dalam bentuk permainan
2. Kegiatan Inti (60 menit)
·
Penjelasan cara melakukan latihan teknik dasar lompat jauh (awalan, tumpuan,
melayang di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik.
·
Melakukan latihan teknik dasar lompat jauh (awalan, tumpuan, melayang di udara
dan mendarat) dengan koordinasi yang baik.
·
Penjelasan cara melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar lompat
jauh (awalan, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang
baik.
·
Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh (awalan,
tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik
(perorangan maupun berkelompok).
·
Perlombaan lompat jauh dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi secara
berkelompok.
3. Kegiatan Penutup (15 menit)
·
Pendinginan (colling down)
·
Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
· Berbaris
dan berdoa
E. Alat dan Sumber
Belajar
1. Alat Pembelajaran
:
· Lintasan
lompat jauh
· Bak lompat
jauh
· Kapur
·
Bendera
· Peluit
2. Sumber
Pembelajaran :
· Media
cetak
o
Buku pegangan guru dan siswa SMA Kelas X, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga
dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
o
Lembar Kerja Siswa (LKS), Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
o Buku atletik
· Media
elektronik
o
Audio/video visual teknik dasar atletik
o
Rekaman/cuplikan perlombaan lompat jauh
F.
Penilaian
1.
Teknik dan Bentuk Penilaian
a.
Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan teknik
dasar lompat jauh, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan
gerakan (penilaian proses) dan ketepatan dan jauhnya melakukan gerakan
(penilaian produk/prestasi).
Jumlah
skor yang diperoleh
Penilaian
Proses = ----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal
b.
Tes Sikap (Afektif)
Penilaian afektif (Affective Behaviors)
Tes sikap
(Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan
Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran,
menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.
Jumlah skor yang
diperoleh
Penilaian
Afektif = ----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal
c.
Tes Pengetahuan (Kognitif)
Format penilaian
pembelajaran teknik dasar lompat jauh dengan metode resiprokal :
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian
Kognitif = ----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal
Contoh Butir Pertanyaan
No
|
Butir Pertanyaan
|
1.
|
Sebutkan
macam-macam gaya lompat jauh!
|
2.
|
Jelaskan cara
melakukan awalan lompat jauh!
|
3.
|
Jelaskan cara
melakukan tumpuan lompat jauh!
|
4.
|
Jelaskan cara melakukan
melayang di udara lompat jauh!
|
5.
|
Jelaskan cara
melakukan mendarat lompat jauh!
|
2.
Rekapitulasi Penilaian
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA) =
-----------------------------------------
Tiga Aspek Penilaian
Keterangan :
- Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara = 91 – 100%
- Mendapat nilai Baik, jika skor antara = 80 – 90%
- Mendapat nilai Cukup, jika skor antara = 70 – 79%
- Mendapat nilai Kurang, jika skor antara = 60 – 69%
- Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara = Kurang dari 60%
mengetahui
kinkin wahyudin
Tidak ada komentar:
Posting Komentar